Pages

Selasa, 24 November 2009

ASP vs PHP, mana yang terbaik?

Cukup alot memperdebatkan ASP dan PHP, namun menentukan pilihan yang terbaik sebenarnya cukup mudah, tergantung anda pribadi sebagai pemrogramer.

Saya mencoba menggaris-bawahi penjelasan di aspvphp.com tentang perbandingan dua bahasa pemrograman web tersebut, yang pertama, apa bahasa pemrograman lain yang telah anda kuasai? Bila anda telah belajar Java atau C++, mungkin anda akan merasa lebih familier dengan kode program PHP. Sedangkan apabila Anda telah mendalami Visual Basic, dengan mudah akan memahami ASP.

Selanjutnya, sistem operasi pelayan web yang anda gunakan, UNIX/LINUX atau Windows? PHP lebih fleksibel, bisa berjalan pada berbagai platform, sedangkan ASP lebih optimal bila dijalankan di Windows. Perlu dipertimbangkan, biaya untuk hosting dengan sistem operasi Windows lebih mahal.

Masalah database untuk aplikasi web Anda, layanan hosting berbasis Windows hanya menyediakan Microsoft Access, sedangkan bila ingin menggunakan Microsoft SQL Server perlu mengeluarkan biaya lagi. Sementara Kebanyakan hosting UNIX/Linux menggunakan pelayan database MySQL dengan keunggulan dan kekurangannya.

Di situs web aspvphp.com tersedia pula perbandingan penulisan kode program ASP dan PHP, misalnya: pencacah dan menampilkan waktu.

0 comments: