Pages

Rabu, 22 Februari 2012

Screenshot Android App

Android yang kini sukses dengan begitu banyaknya user di Indonesia memang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan Sistem Operasi lain, terutama dengan tersedianya Market yang berisi applikasi-applikasi pendukung untuk menunjang penggunanya, rata-rata semua aplikasi bisa didapatkan secara gratis, meskipun terkadang untuk memiliki fasilitas lebih Anda harus melakukan upgrade ke Applikasi yang berbayar. 

Walaupun demikian tetap ada applikasi berbayar yang bisa Anda download dengan gratis, salah satunya melalui Blapmarket. Sebagai user Android sudah seharusnya Anda memiliki insting kecurigaan terhadap applikasi-applikasi berbayar yang bisa diunduh dengan gratis, mungkin saja applikasi tersebut sudah disusupi kode-kode jahat sebagai spyware terhadap handset yang Anda miliki.

Minggu-minggu ini saya sempat melakukan sedikit review terhadap salah satu applikasi yang ada di Android Market, yaitu Screenshot yang di develop oleh Kastor Soft. Sebetulnya saya sempat juga menggunakan applikasi ini dan memang semuanya berjalan dengan lancar, namun setelah melihat user review dari Android Market ada sedikit kecurigaan.

Ada user yang mengatakan bahwa applikasi tersebut ternyata mengandung malware, dan merubah settingan dari internet Anda, untuk masalah merubah settingan internet sayapun pernah mengalaminya, namun tetap bisa dikembalikan seperti biasa. Saya sempat menginstall Easy Battery Saver, applikasi ini merubah settingan APN menjadi settingan default, untuk Anda yang menggunakan tarif APN standar atau GPRS mungkin tidak jadi masalah, namun bagi saya yang menggunakan paket internet yang mengharuskan settingan APN dirubah pastilah akan bermasalah, karena yang akan terjadi adalah pulsa habis dengan sangat cepat. :(

So, balik lagi untuk review Screenshot app, saya sendiri selama menggunakan applikasi ini belum pernah menemukan hal yang aneh, begitu juga dengan antivirus lookout yang saya gunakan di HH android, tidak menunjukkan jika applikasi ini memang dijangkiti oleh sebuah program spyware. Sebetulnya  ada cara untuk dapat melakukan monitoring terhadap proses yang berjalan dari sebuah apllikasi. Berdasarkan perbincangan saya dengan teman yang merupakan Android Developer, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menginstall apk dari applikasi tersebut via Android Emulator. Selanjutnya Anda tinggal masuk ke Developer Tools yang ada di Android Emulator dan masuk ke Terminal Emulator, dari sini anda tinggal menjalankan applikasi yang ingin anda ketahui log prosesnya seperti apa saja. Saya sendiri belum pernah mencobanya, hanya sebatas mendiskusikan ini dengan teman sesama developer. :)

Cara yang paling mudah dalam mempercayai sebuah applikasi adalah dengan adanya antivirus di HH yang Anda gunakan, setidaknya ini dapat meminimalisir masuknya program-program jahat yang sengaja di sebarkan melalui applikasi. Mengingat perkembangan applikasi Android saat ini sudah berkembang sangat pesat, tentunya waspada adalah cara yang terbaik untuk upaya mencegah menyusupnya aplikasi-aplikasi jahat. ~MTASuandi

0 comments: