Pages

Kamis, 07 Juli 2011

Setting .htaccess pada Joomla

Artikel ini saya buat dengan tujuan agar ilmu ini tidak lupa, sekaligus menuhin artikel ini blog karena jarang banget posting. :D
Case bermula dari website saya di http://nomadentech.net/ Web ini saya design di Local dengan engine Joomla! versi 1.5.23. Semua berjalan normal (dalam hal ini SEO Friendly URL nya). untuk settingan di Local saya pake SEO Friendly bawaan joomla dengan merubah value di SEO Setting pada Global Configuration seperti ini:
Search Engine Friendly URLs
Use Apache mod_rewrite
Add suffix to URLs

URL yang semula panjang menjadi ringkas (Contoh: http://nomadentech.net/profil.html) dengan URL seperti ini akan lebih terindex oleh google dan search engine lain yang berguna untuk meningkatkan traffic website kita. Saya mendapat solusi ini dari ID-Joomla.com (http://www.id-joomla.com/forum?func=view&catid=16&id=164469) Sangat simple ternyata. Jika diperhatikan pada barisan kode yang ada di file htaccess pada baris kedua ada code seperti ini : # @version $Id: htaccess.txt 14401 2010-01-26 14:10:00Z louis $.  solusinya hanya dengan merubah htaccess.txt menjadi .htaccess tapi kalau masih gagal dan ada error silahkan coba copy pastekan code .htaccess yang ada di salah satu Thread dari ID-Joomla yang saya copas diatas. Selamat mencoba.


0 comments: