Pages

Rabu, 28 Maret 2012

Demo...!!!

Ini postingan geje, hanya berbagi pengalaman sewaktu saya masih kuliah dulu. Siapa yang tak kenal dengan istilah demo..? Negeri ini memang sering di gonjang-ganjingkan dengan ritual demonstrasi sejak zaman dahulu kala. Sampai pada klimaksnya tahun 1998 yang saat itu saya masih terlalu kecil untuk mengerti apa gerangan yang sedang terjadi, saya hanya bisa menyaksikan om saya pulang dengan babak belur dari Jakarta.

Makna demonstrasi sendiri saya tidak begitu paham, ini jujur. Dulu waktu saya ikut demonstrasi di depan gedung DPR, tidak banyak yang saya paham akan orasi-orasi mereka yang berada di mobil bak terbuka. Hanya teriakan-teriakan yang memekakan telinga, semuanya membias seiring dengan bubarnya masa demonstrasi.

Saya tau isu apa yang diangkat pada saat itu, tapi saya tak paham sama sekali dengan apa yang saya lakukan di depan gedung dewan waktu itu, hanya ikut berkumpul dengan kawan-kawan mahasiswa dari kampus bahkan dari daerah lain, itu saja. Ah mungkin saya memang bukan type mahasiswa yang berfikir politis waktu itu dan mungkin sampai saat ini. :hammer

Hanya rasa seru ketika long march dari Kampus Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran Gigi di Salemba menuju gedung DPR/MPR. Merasakan panasnya terikan matahari yang bercampur dengan warna-warni jaket almamater layaknya pelangi di jalanan Ibu Kota. Panasnya matahari yang siang itu memanggang penghuni Jakarta seakan tak terasa oleh semangat yang entah semangat macam apa yang waktu itu saya rasakan.

Itu mahasiswa yang demonstrasi kemarin, coba tarik satu(tarik mahasiswa yang bukan orator ataupun koordinator demonstrasi) lalu sampaikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan issu demonstrasi mereka, bisakah mereka menjawab dengan kapasitas intelektual mereka sebagai mahasiswa..?
Jangan sampai ada semangat yang membara untuk melakukan aksi tanpa tahu akan esensi dari sebuah aksi itu sendiri. (Pengalaman pribadi.. :P)

Ah sudahlah, silahkan saja berdemonstrasi kawan tapi bawalah otak kalian, jangan tinggalkan di meja kampus yang nyaman atau kalian taruh di lemari pakaian.!! Karena itu yang membedakan demonstrasi mahasiswa dengan demonstrasi ala hewan.!

0 comments: