Pages

Rabu, 28 Maret 2012

Mencicipi Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing memang masih belum banyak di terapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, ataupun oleh perorangan. Sebelum icip-icip Cloud Computing ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu Cloud Computing. Berikut ini adalah pengertian Cloud Computing atau yang biasa dikenal dengan Komputasi Awan yang saya ambil dari id.wikipedia. Komputasi Awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Awan (Cloud) adalah metafora dari internet. Simple nya untuk memahami Cloud Computing secara sederhana adalah kita memiliki desktop atau PC dengan berbagai aplikasi didalamnya yang bisa diakses melalui Internet. Dengan adanya teknologi Cloud Computing Anda bisa mengakses komputer yang berada di sebuah server hanya melalui browser, menjalankan aplikasi yang ada didalamnya dan termasuk juga melakukan proses penyimpanan atau upload.

Ada banyak penyedia teknologi Cloud Computing, termasuk juga Google Inc. Salah satu yang pernah saya coba adalah CloudMe.com untuk mencobanya Anda cukup melakukan registrasi akun melalui http://www.cloudme.com/en/register. Untuk dapat menjalankan Cloud Computing dari CloudMe.com anda harus sudah menginstall Java Runtime Environment minimal versi 1.5. Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan adalah sebesar 3GB untuk yang free dan tentunya bisa di upgrade sesuai dengan kebutuhan.

Dibutuhkan koneksi internet yang cukup stabil untuk dapat menggunakan fasilitas Cloud Computing dengan lancar. Berikut adalah tampilan utama dari Cloud Computing yang disediakan oleh CloudMe.com.


Silahkan mencoba, layanan ini juga memungkinkan adanya akses file yang bersifat Public sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan proses berbagi file.

Link terkait Cloud Computing:

0 comments: